Desain Sistem Kontrol Traffic Light Adaptif pada Empat Persimpangan Berbasis PLC Omron CP1E

https://doi.org/10.5614/joki.2018.10.1.1

Penulis

  • Eka Nurhidayat Jurusan Teknik Elektro Universitas Ahmad Yani
  • Alfin Indra Septiana Jurusan Teknik Elektro Universitas Ahmad Yani
  • Andhy Nursyah Putra
  • Ady Syaripudin
  • Dede Irawan Saputra

Kata Kunci:

lampu lalu lintas adaptif, PLC Omron CP1E, sensor kemacetan

Abstrak

Abstrak"”Lampu lalu lintas yang ada saat ini masih menggunakan waktu tetap sebagai pengendali nyala lampunya. Namun sistem ini memiliki kekurangan, salah satunya pada jam sibuk kendaraan harus menunggu lama disalah satu jalur. Sehingga diperlukan suatu sistem kontrol traffic light yang dapat memprioritaskan jalur yang lebih padat kendaraan. Kontrol traffic light adaptif bekerja dengan mendeteksi jumlah antrian kendaraan pada suatu jalur. Sistem ini bekerja dengan sensor yang mendeteksi panjang antrian kendaraan. Terdapat tiga sensor yang akan mendeteksi panjang antrian kendaraan pada setiap jalur. Jika antrian kendaraan mencapai sensor pertama maka waktu yang diberikan pada lampu hijau adalah 5 detik lebih lama dari waktu normal pada jalur tersebut. Jika antrian kendaraan mencapai sensor kedua maka waktu yang diberikan pada lampu hijau adalah 10 detik lebih lama dari waktu normal dan jika antrian kedaraan telah mencapai sensor ketiga sistem akan memberikan waktu nyala lampu hijau sangat lama yaitu 15 detik lebih lama dari waktu normal. Pada sistem kontrol traffic light adaptif ini terdapat dua buah sensor kemacetan yang diletakkan pada pertengahan jalur persimpang empat yang akan menghidupkan seluruh lampu merah jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti saat terjadinya kecelakaan di tengah persimpangan. Dengan sistem kontrol lampu lalu lintas adaptif ini waktu terlama antrian kendaraan adalah 81 detik, jika seluruh sensor pada setiap jalur bekerja dan waktu tercepat adalah 45 detik yaitu waktu pada saat normal.

 

 

Referensi

Tjia May On, Mardjoko Pono Budi, Martanto Nato, Sistem Pengaturan Lampu Lalu Lintas Secara Sentral dari Jarak Jauh,Jurnal Teknik Elektro,Vol. 9, No. 27, 71-78, Oktober 2007.

Handry Khoswanto, Lim Resmana, Ling Budy Lie Sin, Traffic Light Controller Menggunakan Media RF, Jurnal Teknik Elektro, Vol.5, No.1, 25-31, 2005.

Afit Al-Farit, Rachmadi, M. Febrian Masum, M. Anwar, Wibowo Adi, Jatmika Wisna, Implementasi Prototipe Sistem Pengaturan Lampu Lalu Lintas Terdistribusi Dengan Optimasi Pengenalan Dan Penjejakan KendaraanBerbasis Pemrosesan Video, KNS & I11-039, 2011.

Zulfikar, Tarmizi dan Agus Adria, Perancangan Pengontrolan Traffic Light Otomatis, Jurnal Rekayasa Elektrika Vol. 9, No. 3, 2011.

Andalia, Susiana, Perancangan Prototif Traffic Light Berbasis Mikrokontroler AT89S52, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatra Utara, Medan, 2005.

Kurniawan, Iwan Y. S., Prototype Traffic Light Adaptif untuk Pertigaan Ruas Jalan Berbasis Programmable Logic Controller (PLC) Omron, Jurusan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.

Wicaksono, Handy, Programmble Logic Controller: Teori, Pemograman dan

Aplikasi Otomatis Sistem, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2009.

OMRON Corporation, SYSMAC CP1L/CP1E Introduction Manual.OMRON, 2009.

Diterbitkan

2018-11-12

Cara Mengutip

[1]
E. Nurhidayat, A. I. Septiana, A. N. Putra, A. Syaripudin, dan D. I. Saputra, “Desain Sistem Kontrol Traffic Light Adaptif pada Empat Persimpangan Berbasis PLC Omron CP1E”, JOKI, vol. 10, no. 1, hlm. 1, Nov 2018.