Intergrasi Arduino -OPC Server-Modem GSM pada Sistem Pengontrolan Lampu dan Air Conditioner Melalui Fasilitas HMI dan SMS

https://doi.org/10.5614/joki.2015.7.2.1

Penulis

  • Herdiawan Herdiawan
  • Parsaulian Ishaya Siregar
  • Agus Samsi

Abstrak

Tujuan penelitian Ini adalah merancang dan membuat sebuah demoset yang terintegrasi antara Arduino-OPC server-Modem GSM yang digunakan untuk pengontrolan lampu dan (Air Conditioner) AC melalui fasilitas HMI dan SMS. Arsitektur sistem demoset ini terbagi menjadi tiga level. Level pertama merupakan field layer yang terdiri dari lampu dan AC. Level kedua merupakan layer pengontrol yang terdiri dari modem GSM, Arduino gateway, dan Arduino slave. Level ketiga merupakan layer supervisi yang terdiri dari HMI dan celluler phone.

Alur kerja secara sederhana dari sistem ini  bermula dari Arduino slave yang dapat mengakses data dari lampu dan AC, data tersebut akan diteruskan ke Arduino gateway yang akan terhubung dengan OPC server dan modem GSM. Arduino Gateway akan mengatur kemana data tersebut akan diberikan, apakah OPC server atau modem GSM. OPC server dan modem GSM akan terhubung ke masing-masing client, yakni HMI ataupun celluler phone. Arah komunikasi dari setiap sistem yang terhubung bersifat dua arah, artinya OPC server dan HMI dapat mengakses data status lampu dan AC, sekaligus mengubah status tersebut melalui HMI dan celluler phone.

Dari hasil pegujian, rata-rata waktu pemrosesan data dari mulai dikirimnya perintah dari Arduino Gateway ke Arduino slave sampai diterimanya respons dari Arduino slave adalah 31,8 milidetik. Sementara itu untuk waktu pemrosesan data dari mulai diterimanya SMS oleh modem GSM sampai dikirimnya balasan SMS oleh modem GSM adalah 2,070 detik. Masing-Masing waktu pemrosesan data dihitung dengan mengambil data sebanyak 10 kali.

Kata Kunci : Modbus, Master, Slave, OPC server, HMI, Arduino gateway.

Diterbitkan

2017-01-13

Cara Mengutip

[1]
H. Herdiawan, P. I. Siregar, dan A. Samsi, “Intergrasi Arduino -OPC Server-Modem GSM pada Sistem Pengontrolan Lampu dan Air Conditioner Melalui Fasilitas HMI dan SMS”, JOKI, vol. 7, no. 2, hlm. 65, Jan 2017.