Perancangan Sistem Communication-Based Train Control (CBTC) Berbasis Sensor Fusion
Keywords:
Communication-Based Train Control, sensor fusion, Unscented Kalman Filter, sistem persinyalan blok bergerakAbstract
Meningkatnya jumlah penduduk, terutama di kota-kota besar dunia menyebabkan kebutuhan akan transportasi juga meningkat. Salah satu moda transportasi yang banyak dikembangkan untuk menjawab kebutuhan tersebut adalah kereta api. Communication-Based Train Control (CBTC) adalah salah satu pengembangan dari sistem pengoperasian kereta api yang menggunakan sistem blok bergerak. Pada sistem blok bergerak, jarak aman antar kereta api tidak lagi ditentukan oleh blok-blok rel dengan panjang yang tetap, melainkan berdasarkan kecepatan serta posisi dari kereta api yang beroperasi pada suatu rel. Dengan demikian jarak aman antar kereta api dapat diminimalkan. Pada penelitian ini, digunakan miniatur kereta api untuk merancang sistem CBTC. Sensor yang digunakan adalah enkoder, Indoor Positioning System (IPS), Radio Frequency Identification (RFID). Data posisi dan kecepatan dari ketiga sensor tersebut diolah menggunakan algoritma sensor fusion berbasis Unscented Kalman Filter (UKF) untuk mendapatkan data posisi kereta api yang lebih akurat. Estimasi posisi kemudian digunakan untuk merancang algoritma kontrol sinkronisasi pada blok bergerak. Dari penelitian ini diketahui bahwa algoritma UKF dapat menghasilkan estimasi posisi kereta api dengan baik sehingga algoritma kontrol sinkronisasi pada blok bergerak juga dapat diterapkan dengan baik.
References
S. Aminah, Transportasi Publik dan Aksesibilitas, Surabaya, 2006.
M. Brenna, F. Foiadelli, M. Longo, D. Zaninelli, P. Bellini, and M.
Sicurello, Increasing of subway lines capability through moving block signaling systems: Modeling and simulation, in 2016 AEIT International Annual Conference (AEIT), 2016.
Robert D. Pascoe, Thomas N. Eichorn, What is communication-based train control?, IEEE Vehicular Technology Magazine, vol. 4, no. 4, pp. 16-21, 2009.
M. Larsson, Sensor Fusion Application to Railway Odometry, Stockholm.
Mirabadi, N. Mort, and F. Schmid, Application of Sensor Fusion to Railway Systems, in IEEE/SICE/RSJ International Conference on Multisensor Fusion and Integration for Intelligent Systems, Washington, DC, 1996.
R. Takagi, Synchronisation control of trains on the railway track controlled by the moving block signalling system, IET Electrical Systems in Transportation, vol. 2, no. 3, pp. 130-138, September 2012.
H. Takeuchi, C. J. Goodman and S. Sone, Moving block signalling dynamics: performance measures and re-starting queued electric trains, IEE Proceedings - Electric Power Applications, vol. 150, no. 4, pp. 483-492, 8 July 2003.
IEEE Standard for Communications-Based Train Control (CBTC) Performance and Functional Requirements, IEEE std 1474.1-2004 (Revisions of IEEE Std 1474.1-1999), pp. 1-45, 2004.
R. E. Kalman, A New Approach to Linear Filtering and Prediction Problems, Transaction ASME J. Basic Eng., vol. 82, pp. 34-45, 1960.
S. J. Julier and J. K. Uhlmann, A New Extension of The Kalman Filter to Nonlinear System, in The 11th Symposium on
Aerospace/Defense Sensing, Simulation, and Controls, 1997.
L. Pearson, Moving Block Signalling, England, 1973.
Published
How to Cite
Issue
Section
An author who publishes in the Jurnal Otomasi Kontrol dan Instrumentasi agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.