Perancangan Fitur Aplikasi pada Perangkat Mobile untuk Pengukuran Bising Lingkungan dan Posisi

https://doi.org/10.5614/joki.2015.7.2.3

Penulis

  • Tri Utami Putri
  • I. B. Ardhana Putra
  • Edi Leksono

Abstrak

Perangkat mobile yang digunakan masyarakat kini sudah memiliki fitur lengkap dan terdapat beberapa sensor yang terpasang, misalnya GPS dan mikrofon. Kelengkapan fitur ini dapat dimanfaatkan sebagai perangkat pemantauan tingkat kebisingan lingkungan. Perancangan fitur aplikasi sebaiknya sederhana, mudah digunakan, dapat mengukur tingkat tekanan suara, sehingga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penentuan soundscape pada lingkungan masing-masing. 

Fitur aplikasi pengukuran bising dan posisi ini ditujukan untuk perangkat mobile Android. Fitur aplikasi ini dibuat dengan melakukan pengolahan gelombang akustik yang ditangkap mikrofon. Gelombang akustik tersebut diolah dengan metode Fast Fourier Transform (FFT) untuk mendapatkan nilai tekanan suara dalam domain frekuensi. Nilai tekanan suara digunakan untuk menghitung LAeq yang disesuaikan dengan waktu pemantauan yang dimasukkan penggunadantekanan suara setiap frekuensi. GPS digunakan untuk menampilkan posisi pengguna, sehingga, modul dapat memberikan informasi tingkat tekanan suara pada posisi tertentu.

Nilai LAeq yang dihasilkan aplikasi memiliki selisih maksimum sebesar ±2 dBA jika dibandingkan dengan nilai yang dihasilkan SLM terkalibrasi terhadap sumber suara yang sama, sedangkan nilai posisi yang ditunjukkan aplikasi memiliki tingkat kesalahan >10 m jika pemantauan dilakukan didalam ruangan. Nilai-nilai yang dihasilkan oleh fitur aplikasi  ini disimpan dalam memori eksternal, sehingga untuk pengembangan selanjutnya, informasi ini dapat dikirimkan ke sebuah basis data dalam web.

Kata kunci : bising, perangkat mobile, soundscape, posisi.

Diterbitkan

2017-01-13

Cara Mengutip

[1]
T. U. Putri, I. B. Ardhana Putra, dan E. Leksono, “Perancangan Fitur Aplikasi pada Perangkat Mobile untuk Pengukuran Bising Lingkungan dan Posisi”, JOKI, vol. 7, no. 2, hlm. 89, Jan 2017.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama