Perancangan Mobile Application untuk Pemantauan Boiler dan Heat Exchanger Training System Berbasis Web dengan Framework Jquery Mobile

https://doi.org/10.5614/joki.2015.7.2.4

Penulis

  • M Zilmi Al Faruqi
  • Edi Leksono
  • Rahmat Romadhon

Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan perangkat cerdas seperti smartphone, tablet, laptop, dsb. memungkinkan dilakukannya monitoring kondisi suatu dari jarak jauh. Perangkat-perangkat canggih tersebut difungsikan sebagai HMI (human machine interface) yang terkoneksi dengan plant. HMI pada mobile devicetersebut dapat dibuat dengan menggunakan berbagai software tergantung mobile deviceapa yang akan dipakai. Dengan ini, plantdapat dipantau dari jarak jauh dengan mudah meskipun melalui berbagai perangkat. Pada penelitian ini, mobile applicationdigunakan untuk memantau miniplant Boiler Drum & Heat Exchanger Training System yang terdapat di program studi Teknik Fisika ITB. Metoda perancangan sistem monitoring ini menggunakan berbagai perangkat keras, maupun lunak, seperti database, OPC, web, dan framework jquerymobile. Jquerymobile merupakan suatu web framework pengembangan dari jquery yang merupakan kumpulan javascript library yang cepat dan ringan untuk digunakan pada perangkat berjalan seperti smartphone dan tablet. Jquery mobile menggunakan antarmuka pengguna yang berbasis HTML 5.

Boiler dan heatexchanger merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam berbagai industri proses dan pembangkit listrik sebagai penghasil uap. Uap yang dihasilkan kemudian digunakan untuk memutar turbin sehingga menghasilkan listrik. Monitoring terhadap kondisi boiler dan heat exchanger ini menjadi sangat penting khususnya temperatur, efisiensi, dan performa yang tergantung dari variabel-variabel terkait dari boiler yang akan diukur sebelumnya. Untuk menjaga efisiensi dan performa yang baik dari boiler dan heat exchanger diperlukan kontrol dengan monitoring yang baik.

Hasil yang diperoleh dari pengerjaan penelitian ini yaitu berupa mobile applicationyang dapat memantau kondisi Boiler Drum & Heat Exchanger Training Systemsecara online dan realtimeserta menampilkannya dalam bentuk grafik. Data-data yang didapatkan juga digunakan untuk assessment performa Boiler Drum & Heat Exchanger System. Dari hasil kalkulasi, diperoleh nilai rata-rata efisiensi per komponen miniplant, yaitu efisiensi Boiler Drum (Tangki 11) sebesar 44 %, efisiensi Preheater (Tangki 12) sebesar 47 %, effectiveness Heat Exchanger sebesar 40 %, dan efisiensi Pompa 11 sebesar 12 %, serta efisiensi sistem keseluruhan sebesar 52 %. Pengujian aplikasi web menghasilkan nilai rata-rata kinerja/kecepatan fasilitas-fasilitas pada aplikasi sebesar 27.946 MB/s, serta rerata waktu terimanya sebesar 10,7ms.

Kata kunci: boiler, heat exchanger, monitoring, mobile application

Diterbitkan

2017-01-13

Cara Mengutip

[1]
M. Z. Al Faruqi, E. Leksono, dan R. Romadhon, “Perancangan Mobile Application untuk Pemantauan Boiler dan Heat Exchanger Training System Berbasis Web dengan Framework Jquery Mobile”, JOKI, vol. 7, no. 2, hlm. 97, Jan 2017.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama